Si kecil sering sakit, Bu? Anak-anak bisa mudah jatuh sakit karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk secara sempurna. Agar si kecil kebal terhadap penyakit dan daya tahan tubuh men...

AGAR SI KECIL TIDAK MUDAH SAKIT

 

Si kecil sering sakit, Bu? Anak-anak bisa mudah jatuh sakit karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk secara sempurna. Agar si kecil kebal terhadap penyakit dan daya tahan tubuh meningkat, Ibu dapat melakukan hal-hal ini:

Mencuci tangan

Rajin mencuci tangan mengurangi penyebaran atau penularan penyakit pernapasan dan pencernaan.

Olahraga

Rutin berolahraga dapat mengurangi penyakit flu dan demam serta meningkatkan sirkulasi sel melawan infeksi lo, Bu.

Hindari makanan cepat saji dan olahan 

Di dalam makanan cepat saji dan olahan terdapat berbagai bahan kimia dan zat adiktif yang berbahaya.  Hindari makanan ini agar si kecil tidak cepat sakit ya, Bu. Ibu dapat memberi anak sayuran dan buah untuk meningkatkan sistem imunnya.

Cukup tidur

Balita membutuhkan waktu tidur 11-13 jam. Untuk itu, pastikan si kecil tidur lebih awal karena kurang tidur meningkatkan risiko terkena penyakit hampir dua kali lipat.

Bermain lumpur atau tanah

Terpapar lumpur atau tanah membuat anak-anak secara alami terkena bakteri dan patogen alami yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh lo, Bu. Bahkan hal ini juga membantu menjaga anak-anak dari alergi dan asma.

Jangan menyentuh wajah

Minta anak agar tidak menyentuh wajah dengan tangan ya, Bu. Virus penyakit dapat masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mata, dan mulut dari tangan yang kotor. Ajarkan juga si kecil untuk tidak pernah berbagi sedotan, gelas, atau sikat gigi.

Selamat menjaga kesehatan si kecil, Bu!

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya