Indikator Tumbuh Kembang Anak Optimal. Orang tua Wajib Tahu

Indikator Tumbuh Kembang Anak Optimal. Orang tua Wajib Tahu

Tumbuh kembang anak mungkin menjadi salah satu hal yang membahagiakan bagi orang tua. Karena itu, mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak sebaiknya dilakukan sejak usia dini misalnya pada anak yang baru menginjak usia 1–2 tahun. Sebab, pada masa ini anak mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Selain stimulasi maksimal, Mama sebaiknya mengetahui indikator apa saja yang terkait dengan pertumbuhan anak. Menurut sebuah penelitian, terdapat empat indikator utama dalam penentuan pertumbuhan anak, yaitu sebagai berikut.

  • Berat Badan Menurut Usia (BB/U)
    Indikator ini digunakan untuk melakukan deteksi pada seorang anak apakah mengalami gizi kurang (underweight) dan gizi buruk (severely underweight).
  • Tinggi Badan atau Panjang Badan Menurut Usia(TB/PB/U)
    Indikator ini digunakan untuk melakukan deteksi pada seorang anak apakah mengalami pendek (stunted) dan sangat pendek (severely stunted).
  • Berat Badan Menurut Tinggi Badan (BB/TB)
    Indikator ini digunakan untuk melakukan deteksi apakah seorang anak kurus (wasted) atau sangat kurus (severely wasted) dan kemungkinan obesitas (overweight).

Lalu, adakah upaya mencapai indikator tumbuh kembang anak yang ideal? Tentu saja ada. Mulai dari memberinya nutrisi yang baik atau mempelajari ragam makanan yang menjadi sumber nutrisi bagi si kecil. Ada beberapa tips mengawal tumbuh kembang anak yang bisa Mama praktikan, yaitu sebagai berikut.

1. Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak

Gizi merupakan salah satu faktor yang paling penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Mama perlu memastikan bahwa gizi yang diberikan pada anak sudah cukup dan sesuai dengan kebutuhannya. Usahakan untuk memberikan ASI sampai dengan 2 tahun serta melengkapinya dengan makanan pendamping yang seimbang.

2. Beri Stimulasi yang Tepat

Dalam rangka mengawal tumbuh kembang anak, Mama juga perlu memberikan stimulasi yang tepat. Stimulasi dapat diberikan dengan memberikan permainan yang tepat sesuai dengan usia anak. Beri anak ruang untuk eksplorasi dengan lingkungannya agar mencapai tumbuh kembang yang optimal.

3. Melakukan aktivitas fisik bersama anak

Mengutip Hello Sehat, aktivitas fisik berupa olahraga juga dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak loh, Ma. Sebab, olahraga memberikan manfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan peredaran darah, dan mengontrol berat badan. Olahraga juga memiliki manfaat nonfisik seperti meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan belajar dan berlatih, dan meningkatkan kesehatan mental psikologis, serta membantu mengurangi stres pada anak.

Curcuma Plus Grow untuk Dukung Pertumbuhan dan Kecerdasan Anak

Pada usia 2 sampai 3 tahun adalah masa yang sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan anak. Orang tua harus memberi perhatian penuh terhadap asupan makanan anak. Selain makanan, Mama juga perlu memberikan Curcuma Plus Grow setiap hari. Multivitamin yang mengandung minyak ikan kod, kalsium, temulawak organik, vitamin D, vitamin A, serta vitamin B kompleks dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin pada masa pertumbuhan juga kecerdasan mereka.

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya