Kapan Diperlukan Multivitamin Penambah Nafsu Makan Anak?

Kapan Diperlukan Multivitamin Penambah Nafsu Makan Anak?

Tahukah Mama? Vitamin merupakan zat penting untuk menjaga metabolisme dan imunitas tubuh si Kecil. Anak yang susah makan merupakan cikal bakal dari gangguan tumbuh kembangnya. Maka tak heran, sebagai orang tua Mama merasa khawatir dan kemudian mencari solusi alternatif, salah satunya dengan memberikan suplemen penambah nafsu makan anak.

Nah, untuk kasus anak yang susah makan ini, Mama perlu cari tahu terlebih dahulu apa saja penyebab sulit makan pada anak yang sebenarnya sangat bervariasi. Melansir Klikdokter.com, cara pemberian makanan yang Mama berikan kurang tepat, komposisi makanan yang tidak bervariasi, serta tekstur makanan yang tidak sesuai keinginan anak. Lalu, bagaimana caranya agar nafsu makan anak bisa meningkat?

Setelah mengetahui penyebab nafsu makan anak menurun, langkah selanjutnya adalah mencari solusinya. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan tiga hal utama yang wajib dilakukan orang tua yaitu sebagai berikut.

  1. Atur jadwal makan anak
    Cara untuk memperbaiki nafsu makan anak yaitu dengan mengatur jadwal makan anak yang sebaiknya terdiri dari tiga kali makanan utama dan dua kali camilan, kemudian sebaiknya diterapkan pada jam yang sama setiap harinya. Baik anak mau makan atau tidak, selalu tawarkan makanan pada jam yang sama ya, Ma.
  2. Ciptakan lingkungan yang nyaman saat makan
    Hindari memaksa anak untuk makan. Lalu, jangan mendistraksi anak saat makan, misalnya dengan mainan, gawai, atau televisi ya, Ma.
  3. Pemberian makanan dengan cara yang tepat

Berikan makanan dalam porsi kecil dulu atau makanan utama dulu, baru dilanjutkan dengan air putih atau susu. Motivasi anak untuk makan sendiri dan bujuk dia untuk makan. Jika setelah 15 menit anak berkeras tidak mau makan, akhiri proses pemberian makan.

Pertanyaannya, kapan diperlukan multivitamin penambah nafsu makan anak?

Sebuah studi menyebutkan, pada dasarnya pemberian vitamin dan mineral merupakan sebuah suplementasi. Hal ini berarti vitamin dan mineral dapat diberikan pada anak yang kebutuhan mikronutriennya tidak terpenuhi dari asupan makanan sehari-hari. Ada beberapa jenis vitamin yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak dan melengkapi nutrisinya, yaitu Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, dan Vitamin D.

Curcuma Plus Grow dapat membantu memperbaiki nafsu makan anak, memenuhi kebutuhan vitamin di masa pertumbuhan, serta membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat (Optimum Growth & Brain Development). Di dalamnya terkandung kombinasi nutrisi yang baik untuk anak, di antaranya Temulawak Organik, Minyak Ikan, Kalsium + Vitamin D, Multivitamin (Vit. A, B1, B2, B5, B6, B12). Mama juga bisa mengkombinasikannya dengan multivitamin dari Curcuma Plus Appetite yang mengandung kombinasi ekstrak Curcuma, Lysine dan Multivitamin di dalamnya dan dapat membantu memperbaiki nafsu makan anak.

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya