Kenali Golden Age Tumbuh Kembang Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua

Kenali Golden Age Tumbuh Kembang Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua

Mencetak anak sukses itu bukan hanya tergantung pada lembaga pendidikan formal ya, Ma. Tapi, bisa juga kita mulai dengan memberikan pendidikan di dalam keluarga sejak usia dini atau pada masa golden age. Melansir Siloamhospital.com, golden age atau periode emas adalah tahapan tumbuh kembang anak yang paling penting pada masa awal kehidupanya. Nah, yang dimaksud dengan golden age yaitu meliputi 1000 hari pertama kehidupan anak yang dihitung dari masa dalam kandungan sampai dengan usia anak mencapai dua tahun.

Masa golden age sangat penting dan perlu diperhatikan, khusus oleh para orang tua. Pada masa ini, otak bertumbuh secara maksimal, begitu pula pertumbuhan fisik. Selain itu, masa tersebut juga terjadi perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi. Jika berbagai kebutuhan anak diabaikan pada masa golden age, maka dikhawatirkan mengalami tumbuh kembang anak kurang optimal. Berbagai masalah yang terjadi akibat kurangnya pemenuhan kebutuhan anak pada masa golden age antara lain adanya gangguan kognitif, stunting atau perawakan pendek, serta adanya keterlambatan bicara maupun gangguan perilaku. Maka, penting bagi orang tua untuk mengenal tiap tahapan golden age anak serta memberikan perlakuan dan stimulasi yang sesuai.

Dalam hal ini, makanan bergizi sangat berperan penting dan menentukan keberlangsungan sistem tubuh berfungsi normal serta berguna untuk pemeliharaan kesehatan tubuh. Hati-hati ya, Ma, kekurangan zat pengatur (vitamin dan mineral) pada anak juga bisa mengakibatkan berbagai penyakit akibat defisiensi vitamin, seperti sariawan atau beri–beri.

Curcuma Plus Grow untuk Cukupi Gizi Harian Anak

Dilansir dari Kompas.com, asupan makanan bergizi sangat penting diperhatikan karena mempengaruhi pertumbuhan sel-sel otak sebagai dasar kecerdasan setiap individu. Sejak janin dalam kandungan dan usia bayi hingga usia sekitar dua tahun, pertumbuhan sel otak begitu cepat. Selanjutnya, memasuki usia 3 - 4 tahun, pertumbuhan sel-sel otak tak secepat sebelumnya. Karena itu, sejak dini Mama dianjurkan untuk bisa memberikan makanan sehat yang mengandung zat-zat gizi penting untuk si Kecil. Akan tetapi, bagaimana jika anak sulit makan?

Memang, kadang rasanya gemas sekali melihat kebiasaan anak yang susah atau malas makan. Namun sebaiknya, hindari melakukan tindakan yang bisa membuat anak semakin susah makan seperti memaksa anak untuk makan dan membuatnya terpaksa menghabiskan makanan di piring. Menurut studi, langkah pertama yang bisa Mama lakukan untuk memastikan tumbuh kembang anak terjaga dengan optimal melalui konsumsi makanan bergizi yaitu dengan cara memberikan anak makanan dalam porsi kecil. Lalu, tetapkan waktu makan untuk si Kecil dan lakukan secara konsisten setiap hari. Mama juga bisa mencoba dengan memberikan makanan dengan sajian yang menarik dan variasikan dengan beragam rasa agar si Kecil tidak bosan.

Selain dari makanan, Mama juga bisa memberinya multivitamin untuk mendukung pemenuhan gizi seimbang agar tumbuh kembang anak semakin optimal. Kandungan Minyak Ikan, Kalsium + Vitamin D, Temulawak Organik dan Multivitamin (Vit. A, B1, B2, B5, B6, B12) pada Curcuma Plus Grow dapat membantu perkembangan otak anak, membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, membantu memperbaiki nafsu makan serta memenuhi kebutuhan vitamin di masa golden age anak. Cukup dengan berikan anak satu sendok makan Curcuma Plus Grow untuk anak umur 1-6 tahun setiap hari agar tumbuh kembang anak optimal.

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya