Rekomendasi Jaga Nafsu Makan Anak Demi Daya Tahan Tubuh yang Lebih Baik

Rekomendasi Jaga Nafsu Makan Anak Demi Daya Tahan Tubuh yang Lebih Baik

Menjaga kesehatan termasuk daya tahan tubuh menjadi salah satu hal penting di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini. Bicara soal virus, tidak hanya praktik higiene saja yang perlu dilakukan. Mama juga harus memelihara dan meningkatkan sistem imun si Kecil dari dalam. Salah satu cara paling simpel yaitu dengan menjaga nafsu makan anak dan terapkan pola makan sehat, serta bergizi seimbang. Wajib Mama ketahui, kurangnya asupan gizi seimbang, kelebihan berat badan, serta kurangnya asupan vitamin dan mineral yang tidak terpenuhi adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan lemahnya sistem imun.

Dikutip dari sebuah jurnal kesehatan, sistem imun memegang peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia. Kurangnya asupan nutrisi akibat nafsu makan anak yang menurun dan adanya penyakit secara langsung mempengaruhi status gizinya. Akibatnya, tubuh anak jadi rentan terhadap serangan patogen penyakit, termasuk flu bahkan COVID-19.

Sistem imun bekerja dengan membentuk semacam 'barikade' untuk menghalangi patogen yang terdeteksi hendak masuk menyerang tubuh. Sistem imun yang kuat jadi salah satu jaminan kesehatan. Beberapa makanan diketahui dapat meningkatkan sistem imun. Dengan memberikan beberapa zat gizi penting, maka Mama dapat meningkatkan kualitas kekebalan tubuh si Kecil. Seperti dikutip Kompas.com, berikut adalah zat gizi beserta jenis makanan alami untuk membantu meningkatkan imunitas anak.

  1. Protein merupakan bagian penting dari sistem pertahanan tubuh. Makanan yang merupakan sumber protein antara lain makanan laut, daging tanpa lemak, unggas, telur, kacang-kacangan dan kacang polong, produk kedelai dan kacang-kacangan dan biji-bijian tanpa garam tambahan.
  2. Vitamin A berfungsi membantu mencegah infeksi dengan menjaga kulit dan jaringan di mulut, lambung, paru-paru dan usus agar tetap sehat. Nutrisi ini, Vitamin A banyak ditemukan dalam ubi jalar, wortel, kangkung, bayam dan paprika merah. Vitamin ini juga dapat membantu tubuh mengatur sistem kekebalan tubuh.
  3. Vitamin C memicu tubuh untuk memperbanyak produksi antibodi. Jeruk, jambu biji, stroberi dan pepaya adalah beberapa makanan yang kaya vitamin C
  4. Vitamin E adalah antioksidan yang dapat memberikan dorongan untuk sistem kekebalan tubuh. Sumber vitamin E antara lain biji bunga matahari, almond, hazelnut, selai kacang atau bayam.
  5. Zinc, zat gizi yang ditemukan dalam daging sapi tanpa lemak, gandum, kepiting, dedak gandum, biji bunga matahari, kacang polong, almond, susu dan tahu, dipercaya juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga nafsu makan anak agar mereka mau mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi demi mencapai gizi yang seimbang. Dengan begitu, mereka memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Namun, salah satu masalah yang sering ditemui para orang tua yaitu mengenai nafsu makan anak yang kurang baik. Terkadang, si Kecil hanya mau konsumsi makanan yang itu-itu saja dan tidak memperhatikan nutrisi penting yang dibutuhkannya. Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak Dengan Jaga Nafsu Makannya. 

Orang tua berperan untuk memastikan si Kecil mendapatkan semua nutrisi yang mereka butuhkan dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu, Mama perlu memiliki solusi untuk memperbaiki nafsu makan anak agar kandungan nutrisinya tercukupi. Menurut penelitian, tingkat konsumsi ditentukan oleh kualitas dan kuantitas makanannya. Jika makanan yang diberikan pada anak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, maka tubuh berada pada kondisi kesehatan yang baik.

Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) pada sebuah studi menganjurkan agar kebutuhan energy (karbohidrat) rata-rata sekitar 60-70%, protein 10-15%, dan lemak 10-25%. Sementara vitamin dan mineral yang harus dipenuhi antara lain vitamin A, B, C, D, E, zat besi, seng, tembaga, mangan, dan lain-lain.

Bukan cuma dari makanan, kebutuhan vitamin dan mineral juga dapat dilengkapi dengan mengkonsumsi suplemen seperti Curcuma Plus Honey Vit. Kombinasi dari Madu sebagai bahan alami dan dilengkapi dengan Vitamin C, Sari Kurma dan Temulawak Organik dalam Curcuma Plus Honey Vit dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak. Selain itu Curcuma Plus Honey Vit juga dilengkapi dengan Lysine HCL, Minyak Ikan dan Multivitamin (Vitamin B1, B2, B5, B6). Kombinasi dari semua komposisi di Curcuma Plus Honey Vit tersebut berperan sebagai suplementasi vitamin untuk membantu pertumbuhan, memelihara kesehatan, serta membantu memperbaiki nafsu makan anak yang menurun. Curcuma Plus Honey Vit memiliki dua varian rasa yaitu original dan jeruk yang bisa Mama pilih sesuai dengan kesukaan si Kecil.

Selalu berikan Curcuma Plus Honey Vit setiap hari untuk bantu jaga daya tahan tubuh anak ya Ma.

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya