Jika si kecil susah makan, hal ini mungkin karena si kecil bosan dengan menu makanannya. Yuk bu, coba kreasi menu sehat dan bergizi untuk anak agar nutrisi si kecil terjaga.

Si Kecil Susah Makan? Coba Kreasi Menu Sehat untuk Si Kecil Yuk, Bu!

Kecukupan gizi merupakan salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang anak yang optimal. Kebutuhan gizi anak tentunya didapatkan melalui makanan sehat dari bahan-bahan makanan kaya nutrisi yang dikonsumsi anak. Bila anak tidak mendapatkan gizi yang cukup, masalah malnutrisi pada anak pun bisa terjadi.

Malnutrisi adalah masalah kekurangan gizi dan kelebihan gizi yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangan anak. Masalah ini disebabkan karena konsumsi nutrisi yang tidak seimbang, dari kelompok karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Malnutrisi tak hanya mengganggu proses belajar dan aktivitas fisik anak, tapi juga menurunkan sistem kekebalan tubuh anak, sehingga tubuhnya tak bisa melindungi diri dari penyakit.

Masalah malnutrisi sering diasosiasikan dengan anak yang kurus atau pendek. Tapi anak yang mengalami malnutrisi memiliki gejala lain pula, seperti kulit dan rambut yang kering, lemah dan tidak memiliki kekuatan otot, mudah marah, dan tumbuh kembang yang tidak optimal sesuai dengan usianya. Anak yang memiliki berat badan normal atau gendut pun bisa jadi mengalami malnutrisi, lho! Hal ini terjadi bila anak terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat, sehingga dia tidak mendapatkan nutrisi vitamin dan mineral yang seimbang.

 

Menu Sehat untuk Anak Mencegah Malnutrisi

Cara terbaik untuk mencegah masalah malnutrisi adalah dengan memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari makanan sehat dengan nutrisi seimbang dalam menu sehat untuk anak. Tapi bagaimana kalau anak Ibu termasuk anak yang susah makan dan suka pilih-pilih makanan? Solusinya adalah kreasi makanan sehat yang ditampilkan dengan menarik untuk anak. Maklum, anak-anak memang cenderung menilai makanan dari tampilannya. Kalau makanan tidak menarik dan tidak tampak enak, anak-anak mungkin akan menolak makanan tersebut.

Ada banyak kreasi menu sehat untuk anak yang bisa Ibu coba hidangkan untuk si kecil. Berikut ini adalah alternatif menu sehat dan bergizi yang disesuaikan dengan waktu makan si kecil:

1. SARAPAN

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting, karena makanan sehat saat sarapan memberikan energi yang cukup bagi anak untuk beraktivitas sepanjang hari. Tapi selain sehat, sarapan juga harus mudah disiapkan dengan cepat. Salah satu pilihan sajian yang bisa Ibu coba adalah sandwich alias roti isi yang bisa dibuat dengan mudah. Agar lebih sehat, gunakan roti gandum yang dipadukan dengan isian potongan buah segar seperti strawberry, blueberry, dll. Ibu juga bisa menambahkan olesan cream cheese agar sandwich lebih lezat. Terakhir, agar sandwich tampak lebih menarik, potong sandwich dengan berbagai bentuk menggunakan cetakan kue kering, misalnya bentuk bintang, mobil, dll.

 

2. MAKAN SIANG

Tak sedikit anak yang harus menikmati makan siang di sekolah, karena waktu sekolah yang belum selesai pada saat jam makan siang tiba. Sajian makan siang pun harus dikemas dalam bekal yang menarik dan lezat. Salah satu resep yang bisa dikemas dengan mudah dalam bekal adalah mie atau pasta. Agar lebih sehat, Ibu bisa menggunakan mie atau pasta yang terbuat dari gandum. Mie atau pasta juga bisa dipadukan dengan zoodles, yaitu zukini yang diparut memanjang menyerupai mie. Padukan mie atau pasta ini dengan daging serta sayuran lainnya untuk sajian yang lebih lengkap kandungan nutrisinya.

 

3. MAKAN MALAM

Banyak kreasi hidangan makan malam yang memadukan bahan bergizi dalam tampilan yang menarik untuk anak-anak. Misalnya, sajian bakso. Ibu bisa membuat bakso sendiri yang adonannya tidak hanya terdiri dari daging sapi atau daging ayam, tapi juga sayuran yang telah diparut. Ibu juga bisa membuat lasagna sayur, dengan potongan sayur di antara lapisan pasta lasagna yang lezat. Menyembunyikan sayur dalam hidangan yang disuka anak seperti ini merupakan salah satu trik agar si kecil yang suka pilih-pilih makanan jadi mau makan sayur.

 

4. CAMILAN

Camilan sehat merupakan salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Ada beragam camilan sehat yang bisa Ibu sajikan dengan mudah untuk si kecil. Ibu bisa membuat smoothie buah yang segar atau es loli dari buah segar. Ibu juga bisa membuat popcorn yang bisa dinikmati si kecil sambil beristirahat. Ya, popcorn juga termasuk camilan sehat, asalkan Ibu tidak menggunakan gula atau mentega yang terlalu banyak dalam proses pembuatannya. Agar rasanya lebih lezat, Ibu bisa menambahkan parutan keju cepat leleh di atas popcorn yang masih panas. Ibu juga bisa menambahkan bawang putih bubuk serta bumbu lain. Yang pasti, jangan terlalu banyak mengonsumsi camilan siap saji dalam kemasan yang tinggi kalori tapi rendah nutrisi ya, Bu.

 

Bila si kecil susah makan, pemberian vitamin seperti Curcuma Plus juga bisa jadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Curcuma Plus tak hanya mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, B5, kalsium, dan vitamin D, tapi juga mengandung ekstrak temulawak organik yang membantu mengatasi problem makan anak. Anak pun menjadi lebih nafsu makan, sehingga dia tak lagi pilih-pilih makan dan mau menikmati masakan sehat yang telah Ibu siapkan. Dengan asupan gizi yang cukup dari menu sehat untuk anak, tumbuh kembang anak secara optimal pun lebih bisa dicapai.

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya