Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Usia Anak 1 Tahun Ke Atas, Ini Vitamin yang Diperlukan

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Usia Anak 1 Tahun Ke Atas, Ini Vitamin yang Diperlukan

Setiap anak terlahir di dunia virus atau organisme biang penyakit. Sistem imun tubuh memang sangat penting untuk diperhatikan dan dijaga. Sebab, jika sistem pada tubuh tersebut melemah, maka perlindungan yang diberikan pun ikut melemah.

Nah, daya tahan tubuh yang baik muncul dari sistem imun yang sempurna, di mana beberapa sel di dalamnya dapat menjalankan tugas untuk memberikan perlindungan dari zat-zat asing seperti virus, infeksi, dan bakteri. Melansir situs Pop Mama, ada beberapa cara yang bisa Mama coba untuk memperkuat sistem imun tubuhnya, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Selalu berikan ASI

Sebuah jurnal menyebutkan bahwa ASI memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kondisi tubuh fisik si Kecil ke depannya karena mengandung banyak vitamin yang memiliki fungsi positif dalam membentuk antibodi anak Mama. Dengan kata lain, ASI turut membantu upaya dalam menjaga serta memperkuat daya tahan tubuh si Kecil supaya proses tumbuh kembangnya tidak diiringi dengan keadaan tubuh yang rentan terserang bakteri atau virus.

2. Berikan si Kecil Makanan Sehat

Pola makan anak merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kondisi fisiknya. Secara keseluruhan, jenis makanan yang disarankan adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi, seperti sayur dan buah-buahan yang memiliki peranan dalam meningkatkan imun pada tubuh si Kecil. Mama juga memberikan daging yang memiliki manfaat dalam meregenerasi sel-sel tubuh berkat kandungan zinc yang dimilikinya. Hal ini tentu sangat berguna untuk meningkatkan imun tubuh si Kecil.

3. Pastikan Waktu Tidur si Kecil Sudah Cukup

Para pakar di bidang anak berpendapat bahwa seorang balita membutuhkan waktu tidur sekitar 13-14 jam setiap harinya. Kualitas tidur ini membantu proses kinerja yang dilakukan oleh sistem imun tubuh. Waktu tidur yang tidak cukup dapat menghambat proses produksi interleukin-1, yakni protein yang dihasilkan oleh sel-sel untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh. Maka, si Kecil harus dibiasakan memiliki pola tidur yang cukup sejak usia dini ya, Ma.

4. Bawa Anak Keluar untuk Bertemu Matahari dan Oksigen

Rutinitas yang terus menerus dilakukan di dalam ruangan secara monoton membuatnya tidak dapat terkena sinar matahari yang dibutuhkan. Begitu juga udara yang segar dan oksigen di luar sangat dibutuhkan oleh si Kecil yang turut memberi dampak baik bagi sistem imunnya. Maka dari itu, bawa si Kecil keluar di pagi hari untuk bertemu dengan sinar matahari dan menghirup udara segar.

5. Berikan Multivitamin untuk Memperkuat Daya Tahan Tubuh si Kecil

Multivitamin menjadi salah satu aspek penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Berikan Curcuma Plus Honey Vit dengan kandungan madu sebagai bahan alami yang dari dulu sudah dipercaya untuk menjaga daya tahan tubuh dan diperkuat dengan tambahan Sari Kurma, Vitamin C, Temulawak Organik. Selain itu, dilengkapi juga dengan Minyak Ikan Kod yang bagus untuk perkembangan otak anak ya, Ma.

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya