Penuhi Nutrisi dan Vitamin untuk Otak Agar Anak Semakin Pintar

Penuhi Nutrisi dan Vitamin untuk Otak Agar Anak Semakin Pintar

Pemberian gizi yang baik merupakan faktor fundamental terhadap perkembangan otak anak. Hal ini dibuktikan oleh studi literatur yang menyatakan bahwa nutrisi dapat mempengaruhi fungsi otak dalam jangka panjang, yang nantinya akan mempengaruhi kecerdasan dan produktivitas anak. Dari berbagai zat gizi yang terkandung di dalam makanan, vitamin merupakan komponen penting yang terlibat dalam berbagai reaksi metabolik di dalam tubuh, termasuk sel saraf dan otak. Selain itu, sistem pencernaan yang baik juga menjadi salah satu faktor pendukung tumbuh kembang anak, khususnya mengenai perkembangan otak dan kecerdasan.

Melansir Halodoc, jika memiliki saluran cerna yang sehat, anak dapat menyerap nutrisi secara optimal, kemudian menggunakannya untuk pertumbuhan fisik dan perkembangan otak. Maka dari itu, agar perkembangan fungsi otak anak dapat berjalan dengan optimal, maka kesehatan pencernaannya harus diperhatikan, terutama pada masa-masa emas tumbuh kembang si Kecil.

Mengingat betapa berpengaruhnya kesehatan saluran pencernaan anak terhadap perkembangan otaknya, Mama perlu memperhatikan kecukupan nutrisi si Kecil. Nah, untuk membuat fungsi pencernaan bekerja dengan baik, maka anak perlu makanan yang baik pula. Merangkum BBC Good Food dan WebMD berikut makanan yang baik untuk perkembangan otak anak.

1. Telur

Telur adalah makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang menunjang perkembangan fisik terutama perkembangan otak anak. Telur menjadi alternatif yang disukai banyak anak, bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera.

2. Susu dan Yoghurt

Tak hanya mencerdaskan anak, susu dan yoghurt juga bisa bikin tumbuh kembang anak semakin mengesankan. Anak akan memiliki tulang yang kuat dan sistem kekebalan tubuh yang baik.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan. Sayuran hijau juga mengandung berbagai senyawa atau zat yang bisa mencerdaskan otak anak. Sayuran yang dipercaya bisa mencerdaskan di antaranya bayam, brokoli, kangkung, sawi dan masih banyak lagi.

4. Ikan

Ikan merupakan bahan makanan yang mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin, protein dan omega 3. Ikan juga bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Mengonsumsi ikan secara rutin dapat membuat anak jadi lebih sehat dan cerdas. Salah satu ikan yang mencerdaskan adalah ikan salmon.

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah bahan makanan yang kaya manfaat untuk kesehatan. Dua makanan ini juga sangat baik dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Kombinasi Sempurna untuk Perkembangan Otak Anak

Meningkatkan kecerdasan anak dapat dilakukan lewat stimulus kognitif dan makanan. Memberi asupan bergizi tinggi sejak dalam kandungan merupakan hal penting yang harus dilakukan orang tua. Apa yang dikonsumsi ibu selama hamil menjadi pasokan nutrisi utama bagi perkembangan otak janin. Untuk itu, pastikan ibu mengonsumsi makanan yang bergizi dan bervariasi selama kehamilan, agar setiap kebutuhan janin terpenuhi secara sempurna.

Nutrisi terbaik harus dibarengi dengan stimulasi yang tepat selama janin berada di dalam kandungan ya, Ma. Misalnya dengan mengajaknya berbicara, mendengarkan musik, atau membacakan dongeng. Sebab, jika pada masa emas anak kurang mendapat asupan gizi dan stimulus, pertumbuhan sel sarafnya bisa di bawah 80 persen. Dalam hal ini, orang tua harus mengenali zat gizi yang berkontribusi dalam pertumbuhan sel saraf.

Untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, berikan juga Curcuma Plus Sharpy yang mengandung Prebiotik, DHA (Omega 3 Minyak Ikan Kod), kurkuminoid (Temulawak Organik), Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, Beta Karoten 10%. Suplemen ini berfungsi untuk membantu optimalkan perkembangan otak anak dan membantu perbaiki sistem pencernaannya menjadi lebih baik. Curcuma Plus Sharpy hadir dengan varian rasa jeruk, strawberry, dan blackcurrant yang disukai oleh anak-anak.

Artikel Seru dan Bermanfaat Lainnya